Selebrasi P5 Kelas VIII, Suara Demokrasi

Suara demokrasi dalam kegiatan implementasi P5 dimaksudkan untuk mengajarkan siswa-siswi agar mampu merefleksikan makna dan memahami implementasi demokrasi dalam lingkup organisasi sekolah maupun kondisi sebenarnya di lingkungan masyarkat atau dunia kerja.

Suara demokrasi menjadi salah satu dari tujuh tema umum yang dapat dipilih sebagai tema dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka. Demokrasi sendiri, berasal dari bahasa Yunani yang meliputi kata “demos” (rakyat) dan “kratos” (kekuasaan). Sebagai konsep kehidupan bernegara, demokrasi mengajak warga negara untuk turut serta dalam pemerintahan, menegaskan kebebasan berpendapat dan berbicara. Oleh karena itu, pendalaman tema suara demokrasi di sekolah dapat memperkaya pemahaman siswa tentang sistem demokrasi dan pemerintahan Indonesia.Melalui projek ini, pelajar dapat merasakan langsung bagaimana prinsip demokrasi diaplikasikan di lingkungan sekolah mereka.

Penyampainyan Visi dan Misi para kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Tujuan Tema Suara Demokrasi Dalam P5 Kurikulum Merdeka

Ada beberapa tujuan mengapa Suara Demokrasi ini menjadi penting untuk dipelajari dan menjadi salah satu tema dalam P5 Kurikulum Merdeka, yaitu:

  1. Pelajar dapat merenungkan dan mengimplementasikan konsep demokrasi, memahami tantangan yang muncul, baik dalam organisasi sekolah maupun di dunia kerja.
  2. Dengan menguasai kemampuan berpikir sistematis, siswa akan lebih memahami keterkaitan antara peran individu dengan konsumsi demokrasi Pancasila.